Diskominfo Kukar

Momentum Peringatan Hari Pahlawan Nasional, Pemkab Kukar Berikan Tali Asih ke 116 Veteran

Kukar, beritaalternatif.com – Dalam peringatan Hari Pahlawan Nasional ke-76 yang jatuh pada 10 November 2021, Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemda Kukar) menyampaikan tali asih pada 116 veteran dan janda veteran.

Penyerahan tali asih tersebut dilaksanakan secara simbolis dalam rangkaian upacara peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Bupati Kukar tadi pagi oleh Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin.

Sebanyak 116 veteran dan janda veteran mendapat tali asih senilai Rp 7,5 juta per orang. Wakil Bupati Kukar (Wabup) Rendi Solihin mengakui tali asih yang diberikan ini masih belum seberapa dibandingkan dengan perjuangan para veteran untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Wabup berharap dana tersebut bisa bermanfaat bagi para veteran yang masih hidup ataupun janda veteran beserta keluarganya.

“Insyaallah itu tanpa potongan. Rp 7,5 juta itu murni untuk veteran,” ucap Rendi seusai melaksanakan upacara.

Kepala Dinsos Kukar, Hamly menjelaskan, sejatinya terdapat 123 orang veteran maupun jandanya yang mendapat tali asih menurut SK Bupati Kukar. Namun tujuh orang di antaranya meninggal sehingga hanya tersisa 116 orang.

Terkait nilainya, ia mengungkapkan, tali asih sebesar Rp 7,5 juta yang diberikan per tahun tersebut sangat minim. “Tapi itulah tanda silaturahmi pemerintah daerah dengan pejuang veteran yang ada di Kukar,” katanya.

Selain tali asih, Dinsos Kukar juga menganggarkan dana untuk pendamping para veteran di setiap kecamatan. Para pendamping itu melekat dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

“Merekalah yang mendampingi para veteran dan janda veteran yang masuk dalam kategori lansia setiap kali ada acara yang melibatkan mereka. Hari ini kami fasilitasi antar jemput dari rumah sampai kembali,” pungkasnya. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top