Diskominfo Kukar

Aplikasi Si Cantik Permudah Masyarakat Dapatkan Data Statistik Daerah

Kukar, beritaalternatif.com – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara (Diskominfo Kukar) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Badan Pusat Statistik (BPS) menyosialisasikan dan memperkenalkan aplikasi Si Cantik kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Kelurahan Jawa, Kecamatan Sangasanga, Kukar, Rabu (3/11/2021).

Acara dibuka oleh Lurah Jawa, Kecamatan Sangasanga, Sri Wahyuni. Dilanjutkan sambutan Sekertaris Diskominfo Kukar, Solihin, yang mewakili Kepala Diskominfo Kukar. Dalam sambutannya, Solihin menyampaikan peran Diskominfo Kukar sebagai wali data dalam penerapan Satu Data Indonesia di tingkat daerah dan sebagai fasilitator dalam kegiatan ini.

Narasumber dalam kegiatan ini, Kabid P3D Bappeda Herry Bachrin menyampaikan tentang pemanfaatan sistem informasi satu data Kukar. Sedangkan Kepala BPS Kukar Srie Sis Sugianto menyampaikan materi tentang pengenalan BPS dan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik). Sementara Tim BPS Kukar memaparkan materi tentang manajemen data statistik, diseminiasi data, dan rencana aksi tindak lanjut.

Desa Cantik dalam program ini merupakan bentuk tanggung jawab BPS dalam melakukan pembinaan statistik sektoral. Hal ini merupakan implementasi Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Tujuannya, meningkatkan kompetensi aparatur desa. Desa Cantik berfokus untuk mempersiapkan aparatur desa agar lebih paham statistik.

Pihak BPS berharap ada komunitas-komunitas cinta statistik yang lahir di desa-desa. Pembinaan dan pendampingan BPS terhadap aparatur desa adalah langkah awal dalam pengenalan Desa Cantik ini.

Sampai saat ini, BPS telah memilih 100 desa di Indonesia yang menjadi tempat proyek percontohan program Desa Cantik.

Si Cantik adalah contact center pelayanan statistik berupa nomor WhatsApp. Si Cantik diluncurkan untuk memudahkan masyarakat menghubungi BPS terkait pelayanan statistik. Pelayanan statistik tersebut berupa permintaan data, konsultasi statistik, dan pembelian data mikro.

Sejatinya, data statistik sudah tersedia di website BPS. Namun, masyarakat kadang masih kebingungan mencari data tersebut. Si Cantik pun akan membantu konsumen untuk memperoleh data yang diperlukan.

Si Cantik juga melayani konsultasi data. Aplikasi ini akan membantu konsumen bagaimana mengintepretasi indikator statistik. Selain itu, Si Cantik dapat memberikan penjelasan mengenai metodologi survei yang diadakan BPS. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top