Kutai Kartanegara

Lakukan Aksi Demonstrasi di Kantor Bawaslu Kukar, PMII Sampaikan Tujuh Tuntutan kepada Penyelenggara Pemilu

BERITAALTERNATIF.COM – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan aksi demonstrasi di Kantor Bawaslu Kukar pada Senin (16/1/2023).

Dalam aksi yang dikawal ketat aparat kepolisian tersebut, PMII Kukar menyampaikan pernyataan sikap terkait penyelenggaraan Pemilu 2024.

Mereka mengaku bersedia mengawal pemilu yang bersih, adil, damai, serta bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

“Kami menolak segala bentuk suap serta gratifikasi,” bunyi pernyataan tersebut.

Selain menyampaikan pernyataan sikap, mereka juga menyodorkan tujuh tuntutan, antara lain: pertama, mendorong KPU dan Bawaslu Kukar tetap independen, tidak memihak kepada siapa pun, termasuk peserta pemilu.

Kedua, Bawaslu Kukar harus lebih aktif mengawasi pesta demokrasi 2024 agar tidak terjadi kecurangan. Ketiga, mendorong KPU Kukar transparan dalam menjalankan tugasnya.

Keempat, menekan Bawaslu dan KPU Kukar untuk menolak segala bentuk suap maupun gratifikasi dari peserta pemilu. “Apabila terdapat temuan berupa suap ataupun gratifikasi, PMII Kukar siap mengusut dan mengawal kasus tersebut sampai tuntas,” tegas PMII Kukar.

Kelima, membebas-tugaskan komisioner Bawaslu maupun KPU Kukar yang terbukti menyalahgunakan wewenangnya.

Keenam, mendorong Bawaslu dan KPU Kukar mewujudkan pesta demokrasi tahun 2024 yang bersih, jujur, adil, dan damai di Kukar.

Ketujuh, menekan Bawaslu dan KPU Kukar untuk tegas menindaklanjuti penegakan hukum bagi peserta pemilu yang melakukan kampanye hitam (black campaign), politik uang (money politic), serta pelanggaran sesuai undang-undang yang berlaku.

Menanggapi pernyataan sikap dan tuntutan tersebut, Ketua Bawaslu Kukar Muhammad Rahman menekankan bahwa pihaknya mengutuk keras berbagai kegiatan yang menyimpang dari aturan pemilu.

“Kami menyambut baik aksi sahabat-sahabat sekalian. Karena ini merupakan penguatan bagi kami pengawas pemilu, khususnya dalam menegakkan keadilan pemilu di Kukar,” tegasnya.

Dia pun mengajak dan mendorong PMII Kukar berperan aktif dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. “Ini yang kita harapkan,” ucapnya.

Rahman juga mengajak PMII Kukar mengawasi penyelenggara dan peserta Pemilu 2024. Ia ingin semua pihak berperan aktif dalam mewujudkan pemilu yang adil di Kukar.

“Kita akan sama-sama membuat keadilan pemilu di Kukar,” pungkasnya. (um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top