Kutai Kartanegara

Harga Tomat, Bawang Merah dan Bawang Putih di Tenggarong Naik, Cabai dan Sayur-sayuran Terpantau Stabil

BERITAALTERNATIF.COM – Pekan ini, harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di Tenggarong terpantau mengalami kenaikan. Penyebabnya, cuaca yang tak menentu dalam beberapa hari terakhir di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Salah satu kebutuhan pokok yang harganya terpantau naik adalah tomat. Pekan lalu, para pedagang di Pasar Tangga Arung Tenggarong menjual tomat Rp 10 ribu per kilogram.

Pada Sabtu (14/1/2023), pedagang di Pasar Tangga Arung menjual tomat Rp 14 ribu per kilogram. Hal ini diakui oleh seorang pedagang bernama Adi saat ditemui awak media ini di pasar tersebut.

“Minggu ini harga tomat mencapai Rp 14 ribu per kilogramnya,” ungkap Adi.

Ia mengakui bahwa kenaikan harga tomat ini mengundang keluhan dari para pelanggannya. Akibatnya, sejumlah pelanggannya memilih tak membeli tomat dari Adi.

Kenaikan harga tomat, sambung dia, tidak terlepas dari kegagalan panen yang dialami para petani di Kukar. Penyebabnya, curah hujan yang tinggi.

Tomat yang mudah membusuk karena curah hujan tinggi membuat para petani memilih tak memanen tomat. Karena itu, pasokan tomat di pasar pun mengalami penurunan.

Cuaca yang tak menentu dalam beberapa hari terakhir di Kukar juga mengakibatkan kenaikan harga bawang merah dan bawang putih.

“Untuk bawang merah juga naik harganya dari Rp 35 ribu menjadi Rp 38 ribu per kilo. Dan untuk bawang putih Rp 23 ribu sampai Rp 25 ribu per kilo, tergantung kualitas bawangnya,” jelas Adi.

Sementara itu, pekan ini harga cabai di pasar tergolong stabil. Selama seminggu terakhir, cabai dijual Rp 50 ribu per kilogram.

“Harga sayur-sayuran lainnya juga cukup stabil,” beber Adi. (nf/um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top