Kutai Kartanegara

Bambang Arwanto: KIM bisa Jadi Mitra dalam Penyebaran Informasi Program DPMPTSP Kukar

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kukar mengajak Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kukar menyebarkan informasi kepada masyarakat terkait penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP).

Kepala DPMPTSP Kukar Bambang Arwanto menjelaskan bahwa KIM sangat dibutuhkan pemerintah daerah karena dapat menjadi perpanjangan tangan pemerintah dengan masyarakat.

Kata dia, bekerja secara kolaboratif di era digital sangat dibutuhkan untuk menyebarkan berbagai informasi positif terkait pelaksanaan program-program Pemkab Kukar.

“Di era digital ini kita tahu bahwa masyarakat juga masih banyak yang literasi digitalnya kurang,” jelasnya sebagaimana dikutip dari kanal media sosial KIM Kukar pada Jumat (13/1/2023).

DPMPTSP Kukar, sambung dia, memiliki sejumlah program yang dapat disampaikan dengan cepat kepada masyarakat oleh KIM Kukar, salah satunya kemitraan antara perusahaan besar dengan perusahaan kecil.

Bambang mengungkapkan bahwa Kukar memiliki sekitar seribu perusahaan besar yang mesti bermitra dengan perusahaan-perusahaan kecil.

Sejumlah perusahaan kecil, kata Bambang, menyimpan masalah dari segi literasi digital. “Dan ini yang kita minta dari teman-teman KIM Kukar menyebarluaskan informasi supaya sampai ke masyarakat,” ujarnya.

Pendampingan juga sangat diperlukan terhadap perusahaan-perusahaan kecil atau pelaku UMKM dalam mengembangkan literasi digital mereka.

“Kita sangat butuh kolaborasi dalam bekerja untuk meningkatkan literasi digital,” katanya.

Dia menjelaskan, MPP DPMPTSP Kukar memiliki layanan yang terintegrasi. Pihaknya menyediakan 430 layanan dan 27 entitas. Masyarakat yang hendak mengurus perizinan terkait imigrasi pun tidak perlu lagi mengurusnya ke Kota Samarinda.

Pengurusan pajak, SIM, dan izin lainnya pun tersedia di MPP DPMPTSP Kukar. “Semuanya tersedia di sini. Tolong ini disebarluaskan dengan baik kepada seluruh masyarakat,” pintanya.

Diketahui, MPP DPMPTSP Kukar terdiri dari berbagai entitas pelayanan dari kementerian, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, hingga swasta yang tergabung dalam satu lokasi, yang terletak di lingkungan perkantoran Pemkab Kukar di Jalan Woltermonginsidi Tenggarong. (um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top