Diskominfo Kukar

Aji Ali: Pemuda-Pemuda Kukar Berkembang Pesat di Berbagai Bidang

BERITAALTERNATIF.COM – Pemuda-pemuda Kukar mengalami perkembangan dari berbagai bidang. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Aji Ali Husni.

Di bidang kewirausahaan, kata dia, minat berusaha pemuda Kukar telah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Sejak tahun 2019, Klinik Wirausaha Pemuda Mandiri (WPM) mencatat peningkatan minat berbisnis di kalangan pemuda Kukar.

“Setiap kita mengadakan kegiatan, animo anak mudanya sangat tinggi,” tuturnya baru-baru ini saat ditemui di Kantor Dispora Kukar.

Ali menyebutkan bahwa jumlah pemuda yang berwirausaha juga terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Minat ini dinilainya muncul secara personal dari para pemuda Kukar.

“Tinggal kita yang mengimbangi mereka dengan pola-pola pelatihan, pendampingan, dan konseling. Itu harus kita lakukan secara intens,” ucapnya.

Di sektor olahraga, Ali menjelaskan, atlet-atlet Kukar acap meraih posisi tertinggi dari kancah provinsi hingga nasional.

Para pemuda tersebut berasal dari kecamatan-kecamatan di Kukar, antara lain wilayah Hulu, Tengah, dan Pesisir.

“Dari kecamatan-kecamatan itu banyak sekali atlet-atlet kita dari kalangan anak muda,” terangnya.

Dari sisi kemanusiaan, kata Ali, tak sedikit para pemuda Kukar yang menjadi relawan kemanusiaan di tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional.

Dia mencontohkan Barisan Sukarelawan Kebakaran dan Bencana (Balakarcana), yang berasal dari kecamatan-kecamatan di Kukar.

Umumnya, komposisi kepengurusan dan keanggotaan Balakarcana diisi oleh para pemuda. “Artinya, eksistensi anak muda Kukar di segala bidang sangatlah tinggi,” ujarnya.

Ali mengatakan bahwa Dispora Kukar memiliki banyak program di bidang kepemudaan yang bisa diikuti oleh para pemuda Kukar.

Keikutsertaan pemuda-pemuda dalam berbagai kegiatan Dispora Kukar, sambung dia, memperlihatkan bahwa para pemuda kian menyadari peran dan fungsi mereka.

Pemuda-pemuda Kukar juga semakin mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan. Mereka memanfaatkan berbagai platform digital untuk menimba ilmu.

“Ini ditambah dengan program kami di Dispora Kukar. Memang sekarang kami fokus pada pembinaan dan pengembangan pemuda, khususnya kewirausahaan,” pungkasnya. (adv/ma)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top