Diskominfo Kukar

Sekda Kukar Hadiri Peluncuran Proyek Perubahan SAPA Inspektorat

BERITAALTERNATIF.COM – Sekretaris Daerah Kukar Sunggono menghadiri peluncuran proyek perubahan SAPA Inspektorat di Kantor Inspektorat Kukar pada Senin (31/10/2022).

Hadir pula Kepala Inspektorat Kukar Heriansyan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kukar, Kejaksaan Negeri Tenggarong, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kukar.

Selain itu, hadir sejumlah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kukar serta para kepala desa di wilayah Kabupaten Kukar.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Inspektorat Kukar Heriansyah memperkenalkan proyek perubahan SAPA Inspektorat.

Kata dia, SAPA Inspektorat merupakan proyek perubahan yang digagasnya saat mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Nasional Tingkat II LAN RI.

“Kami diminta bagaimana melakukan proyek-proyek perubahan terkait dengan tugas pokok dan fungsi kami,” ucap Heri.

Pada dasarnya, sambung dia, proyek perubahan ini berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Inspektorat dalam melakukan pengawasan internal di pemerintahan.

Peluncuran proyek ini bertujuan meningkatkan pengawasan internal yang efektif dan efisien di pemerintahan.

Heri menyebutkan bahwa ada tiga tugas pokok dan fungsi Inspektorat dalam melakukan pengawasan internal, salah satunya pemberi jaminan.

“Apa yang dilakukan baik terkait perencanaan maupun proses pelaksanaan sampai pertanggungjawabannya harus sesuai dengan ketentuan,” katanya.

Kemudian, Inspektorat juga memiliki tugas sebagai konsultan yang memberikan nasehat, pendampingan, dan pelatihan.

Inspektorat juga bertugas mendorong aparatur pemerintahan memerangi korupsi. Dalam pengertian, Inspektorat adalah garda terdepan pencegahan korupsi.

Ia mengatakan, pengawasan internal ini juga menyasar pemerintahan desa, sehingga Inspektorat Kukar membangun kerja sama dan berkolaborasi dengan aparatur desa.

Saat ini, sambung dia, sistem pemerintahan harus berbasis elektronik. Cara kerja konvensional pun akan digeser oleh budaya kerja yang mengandalkan platform digital.

Heri menyebutkan, peluncuran SAPA Inspektorat ini merupakan bentuk sosialisasi sistem transformasi untuk pengawasan pemerintah lewat platform digital.

“SAPA ini memberikan fasilitas kepada OPD, masyarakat, pemerintah desa dan kecamatan untuk berkonsultasi terkait permasalahan-permasalahan yang ada di desa masing-masing,” terangnya.

Sistem ini berbasis website yang dapat diakses oleh seluruh desa, kecamatan, dan semua OPD di lingkungan Pemkab Kukar.

“Lewat sistem ini kita tidak perlu lagi mengirim surat. Cukup membuka website yang ada ini,” sebutnya. (adv/um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top