Diskominfo Kukar

Momentum Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Sunggono Uraikan Tantangan Kawula Muda di Masa Depan

BERITAALTERNATIF.COM – Selain mendulang prestasi nasional dan internasional, para pemuda Indonesia juga menghadapi berbagai tantangan dalam mengisi kemerdekaan Indonesia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono mengatakan bahwa dalam diri para pemuda saat ini terdapat optimisme dan harapan.

“Kita patut bersyukur karena pemuda Indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi yang membanggakan di berbagai bidang, baik pada level nasional maupun pada level internasional,” sebut Sunggono dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun di Halaman Kantor Bupati Kukar, Senin (31/10/2022).

Kata dia, keunggulan melalui berbagai prestasi ini menjadi modal untuk membangun Indonesia di masa yang akan datang.

Di samping itu, sambung Sekda, terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan yang tengah dihadapi para pemuda Indonesia, di antaranya ancaman pengangguran dan keterpurukan karena tindakan destruktif.

Karena itu, ia menekankan bahwa pemerintah dan pihak-pihak terkait perlu melakukan pemberdayaan, dan pengembangan pemuda agar menjadi pribadi-pribadi yang kreatif, inovatif, kolaboratif, mandiri, serta berkarakter mulia.

“Hal ini perlu dikembangkan agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi,” ucapnya.

Sunggono mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk terus bergerak dalam mendorong pemuda Indonesia agar mengembangkan berbagai potensi mereka demi membangun kejayaan Indonesia sepanjang masa.

Pembangunan di sektor kepemudaan, lanjut Sunggono, membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni. “Kerja-kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau parsial,” tegasnya.

Dia pun mengajak semua pihak menjadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini untuk meningkatkan semangat bersama dalam membangun bangsa Indonesia.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan kekuatan kepada kita untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia,” pungkasnya. (adv/ma)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top