Diskominfo Kukar

Sunggono: Peran Pemuda sudah Tercatat dalam Tinta Emas Sejarah

BERITAALTERNATIF.COM – Pemkab Kukar memperingati momentum 28 Oktober 2022 yang merupakan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 tahun dengan mengadakan upacara pada Senin (31/10/2022) pagi.

Dalam upacara yang diadakan di Halaman Kantor Bupati Kukar tersebut, Sekretaris Daerah Kukar Sunggono membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali.

Pada momentum HSP tahun ini, kata Sunggono, pemerintah mengangkat tema Bersatu Bangun Bangsa. Maknanya, peringatan HSP merupakan usaha menghadirkan perjuangan pemuda di masa lalu untuk direnungkan dan dipelajari.

“Kita berusaha menemukan pelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar,” ucapnya.

Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, lanjut dia, memberikan pelajaran kepada bangsa Indonesia tentang cara menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan,” terangnya.

Dia menyebutkan bahwa peran pemuda dalam memelopori dan membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda diikuti rangkaian pergerakan-pergerakan nasional.

Hal itu telah mengantarkan bangsa Indonesia pada Proklamasi Kemerdekaan. “Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa,” tuturnya.

Sunggono mengatakan, peringatan HSP selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

Kata dia, pemerintah sengaja mengangkat tema Bersatu Bangun Bangsa untuk memaknai pesan mendalam dari pergerakan kaum muda.

Pesan mendasarnya, sambung dia, bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan para pemuda untuk membangun bangsa yang tangguh.

“Ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia,” sebutnya. (adv/ma)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top