Diskominfo Kukar

Camat Sebulu: Perusahaan Harus Berperan Aktif dalam Pembangunan Pertanian

BERITAALTERNATIF.COM – Selain peran maksimal Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), pembangunan pertanian di Kecamatan Sebulu dapat terlaksana dengan baik atas dukungan masyarakat dan perusahaan.

Camat Sebulu Edi Fachrudin mengatakan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan-perusahaan mesti dilaksanakan secara terintegrasi dan terukur dalam pembangunan pertanian.

Peran sejumlah perusahaan dalam pembangunan pertanian di Sebulu, sambung dia, memang sudah berjalan dengan baik. Meski begitu, peran perusahaan-perusahaan di Sebulu harus terus dimaksimalkan dalam menjalankan program-program sosial mereka.

“Tujuannya untuk kepentingan masyarakat yang lebih besar,” kata Fachrudin saat menghadiri Rapat Koordinasi Kodim 0906/Kkr dan Pemkab Kukar di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar pada Rabu (26/10/2022).

Kata dia, perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Sebulu dapat berperan aktif dalam menyukseskan Karya Bakti TNI yang dikomandoi Kodim 0906/Kkr di sejumlah desa di Sebulu.

Mereka dapat memberikan bantuan untuk menyukseskan program pertanian, perikanan, dan peternakan terpadu yang tengah digalakkan TNI di Sebulu dan Muara Kaman.

Program tersebut, sambung Fachrudin, berusaha mengintegrasikan lahan di tiga sektor tersebut, baik dari segi pengembangan maupun pembangunan infrastruktur jalan.

“Sehingga semua jalan pertanian tadi, dari Cipari ke Sidomukti, Mekar Daya, Sidomukti itu bisa menjadi satu jalur atau hamparan, yang jalannya bisa kita lewati,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan program pembangunan dan pengintegrasian pertanian, peternakan, serta perikanan tersebut, ia mendorong perusahaan terlibat aktif di dalamnya.

“Artinya, kita perlu mengubah mindset yang selama ini kita miliki. Kita harus bekerja bersama, berkolaborasi, sehingga bisa kelihatan bahwa kita sudah memberikan suatu contoh dalam program ini,” katanya. (adv/um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top