Nasional

Hetifah Sjaifudian: Pemuda Harus Berperan Aktif dalam Pembangunan Indonesia

BERITAALTERNATIF.COM – Peringatan Sumpah Pemuda ke-94 tahun yang jatuh pada Jumat (28/10/2022) menjadi momentum untuk mendorong para pemuda berperan aktif dalam pembangunan Indonesia.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi X DPR RI Dr. Hetifah Sjaifudian saat menghadiri acara pelepasan peserta Kirab Pemuda Nusantara di Halaman Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura pada Kamis (27/10/2022).

Peran aktif pemuda dalam berbagai bidang pembangunan, sambung dia, dapat dilakukan dengan senantiasa meningkatkan kompetensi, kreativitas, dan inovasi.

Politisi Golkar ini mengatakan, para pemuda saat ini sudah berbeda dengan generasi sebelumnya. Kawula muda di era ini dinilainya memiliki ide-ide kreatif dan inovatif untuk pembangunan Indonesia.

Kreasi dan inovasi para pemuda tersebut, lanjut dia, mesti difasilitasi oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. “Karena para pemuda sekarang banyak sekali inisiatifnya,” terang Hetifah.

Pemerintah daerah dan pemerintah pusat, kata dia, harus lebih banyak mendengar dan melihat kegiatan yang sedang dijalankan para pemuda, baik dari segi konsep maupun hambatan yang mereka hadapi.

“Misalnya kemarin ada keluhan anak muda yang buka angkringan. Kemudian mungkin banyak masalah di dalam pengaturannya. Jadi, harus ada komunikasi,” sarannya.

Hetifah berharap para pemuda di seluruh wilayah Indonesia mendukung semua upaya pemerintah dalam melakukan pembenahan dan pembangunan Indonesia di berbagai bidang.

Salah satunya, lanjut dia, terkait keputusan Presiden Joko Widodo yang kemudian ditegaskan dalam undang-undang tentang penentuan dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Ia juga berharap kaum muda ikut berkontribusi dalam memberikan sumbangsih pemikiran dalam pembangunan IKN Nusantara, serta mengawasi proses pembangunan ibu kota baru tersebut.

“Supaya IKN ini betul-betul sesuai harapan mereka. Karena yang menempati dan juga yang membangun sebenarnya generasi muda,” ucapnya.

Dari awal hingga pelaksanaan pembangunan IKN Nusantara, saran Hetifah, mestinya pemerintah memberikan ruang seluas-luasnya kepada kaum muda untuk berkontribusi dalam pembangunan IKN.

“Nanti malam insyaallah saya akan ke IKN. Kita akan berdiskusi dengan kaum muda di sana terkait harapan mereka terhadap IKN yang baru,” pungkasnya. (ma)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top