Diskominfo Kukar

Pelepasan Peserta Kirab Pemuda Nusantara di Kukar Berlangsung Meriah dan Khidmat

BERITAALTERNATIF.COM – Pelepasan para peserta Kirab Pemuda Nusantara di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura pada Kamis (27/10/2022) pagi berjalan meriah dan khidmat.

Selain dihadiri oleh Bupati Kukar Edi Damansyah dan Anggota DPR RI Hetifah Sjaifudian, rangkaian peringatan Sumpah Pemuda ini juga dihadiri oleh Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Asrorun Niam Sholeh.

Di hadapan awak media, sebagai Ketua Panitia Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Nasional ke-94, Niam mengatakan, pelaksanaan HPS di Titik Nol IKN Nusantara merupakan bentuk komitmen dan dukungan para pemuda terhadap masa depan Indonesia. “Salah satu tonggaknya adalah IKN,” ucapnya.

Pemindahan IKN Nusantara, sambung dia, bukan untuk kepentingan menarik kembali Indonesia ke masa lalu, melainkan kepentingan masa depan dalam rangka memajukan Indonesia.

Sebagai kerajaan tertua yang menjadi bagian dari kegemilangan sejarah masa lalu Nusantara, pelepasan peserta di Kukar diharapkan menjadi tonggak kejayaan Nusantara di masa depan.

“Terlebih enam tahun lagi 100 tahun sumpah pemuda dan 23 tahun lagi 100 tahun Indonesia,” ucapnya.

Niam mendorong pemuda turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia dengan menorehkan sejarah masa depan yang dimulai dari Titik Nol Nusantara.

Perjalanan ke Titik Nol Nusantara ini menggunakan 28 kendaraan roda dua dari Kukar. Para peserta akan bertemu dengan peserta Kirab Pemuda Nusantara dari Kota Balikpapan di Titik Nol IKN Nusantara.

“Titik dari Kedaton ini 14 mobil dan titik Balikpapan 14. Kemudian ketemu di titik IKN yang nanti kita terima,” ucapnya.

Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan Kemah Pemuda Nusantara. Hal ini sebagai simbol komitmen dan kesiapan pemuda menyongsong masa depan Indonesia.

“Esok harinya ada puncak HSP dengan apresiasi pemuda berprestasi serta ikrar dan juga komitmen. Di samping itu, ada ikrar sumpah pemuda dan ikrar manifesto pemuda Indonesia di Titik Nol Nusantara,” pungkasnya. (adv/ma)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top