DPRD KALTIM

Seno Aji: Pemprov Kaltim Harus Maksimalkan Peran di Sektor Pertanian

BERITAALTERNATIF.COM – DPRD Kaltim mendorong Pemprov Kaltim memaksimalkan peran mereka di sektor perkebunan, pertanian, dan perikanan.

Peran maksimal Pemprov Kaltim melalui dinas-dinas terkait diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan para petani di Bumi Mulawarman.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji kepada beritaalternatif.com pada Jumat (14/10/2022). Ia pun mendorong Pemprov Kaltim memfasilitasi para petani untuk mendapatkan akses informasi terkait bantuan-bantuan di bidang pertanian, perkebunan, dan perikanan.

“Di sini sangat diperlukan partisipasi pemerintah untuk memudahkan serta sebagai perpanjangan tangan masyarakat dami mewujudkan kesejahteraan petani,” katanya.

Menurutnya, sebagai penyangga Ibu Kota Negara Nusantara, masyarakat Kaltim akan membutuhkan banyak produk pertanian untuk memenuhi kebutuhan mereka, seperti beras, sayur, ikan, telur, dan lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, politisi Gerindra ini mendorong Pemprov Kaltim menyediakan lahan untuk mengembangkan sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan.

“Ini perlu didorong untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan di Kaltim agar rakyat sejahtera. Oleh sebab itu, DPRD Kaltim akan berkoordinasi dengan OPD terkait serta menanyakan penggunaan anggaran yang selama ini diberikan, apakah masuk langsung ke dalam Poktan dan Gapoktan,” ucapnya.

Ia mengaku bahwa saat ini pihaknya melakukan pengawasan intensif. Salah satu temuannya, jumlah petani di Kaltim mengalami peningkatan. Tetapi, di sisi lain, ada hambatan yang perlu dievaluasi oleh Pemprov Kaltim.

Seno berharap Pemprov Kaltim memfasilitasi para petani untuk mengakses pupuk bersubsidi, bibit murah dan berkualitas, pemberdayaan petani, hingga pelatihan untuk meningkatkan kualitas petani-petani di Kaltim.

“Kita akan dorong pemerintah dan dinas pertanian agar merencanakan rencana kerja yang konkret dalam pengembangan demi kemajuan petani Kaltim,” tandasnya. (adv/pc)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top