Kutai Kartanegara

Puluhan Petani Ikuti Kegiatan Sosialisasi dan Gerakan Pengendalian Buah Durian di Kelurahan Bukit Biru

BERITAALTERNATIF.COM – Pada Kamis (8/9/2022), Pemkab Kukar dan Pemprov Kaltim melakukan sosialisasi dan gerakan pengendalian tanaman buah durian di Kelurahan Bukit Biru, Kecamatan Tenggarong, Kukar.

Kegiatan yang berlokasi di rumah Ketua Gapoktan Bukit Biru Suwarman tersebut dihadiri oleh Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kukar, Sugiono.

Dalam kesempatan ini, Koordinator Laboratorium Pengamatan Hama dan Penyakit UPTD Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kaltim Heru Genderiyono diundang sebagai pemateri.

Kegiatan yang terlaksana atas kolaborasi antara Pemkab Kukar dan Pemprov Kaltim bertujuan menyukseskan Program Kampung Buah yang dicanangkan Kementerian Pertanian RI.

Para peserta yang berjumlah puluhan orang dalam kegiatan ini merupakan anggota kelompok tani dari Kelurahan Bukit Biru. Ada juga dari kelompok tani Desa Loh Sumber dan Kelurahan Loa Ipuh.

Melalui kegiatan ini, kelompok tani diharapkan dapat memanfaatkan secara maksimal bantuan dari pemerintah pusat. Hasil dari pengembangan buah durian ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup para petani di Kukar.

Selain itu, kegiatan sosialisasi diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para petani di Kukar terkait cara budi daya buah durian, sehingga menghasilkan buah yang optimal.

Diketahui, sejumlah kelompok tani di Kelurahan Bukit Biru merupakan salah satu dari tiga Gapoktan di Kukar yang mendapatkan bibit durian sebanyak 1.000 pohon.

Kelompok-kelompok tani itu juga menerima bantuan pupuk kandang, pupuk organik cair, pupuk an-organik, dan racun rumput. (um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top