Fashion

12 Khasiat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut

BERITAALTERNATIF.COM – Minyak kelapa sejak dulu digunakan untuk merawat rambut. Minyak ini kaya dengan vitamin dan asam lemak yang baik untuk pertumbuhan rambut.

Ada banyak manfaat minyak kelapa murni untuk rambut. Itulah alasan mengapa minyak kelapa banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah rambut, mulai dari ketombe, rambut kusut, kulit kepala gatal, rambut rontok, rambut beruban prematur, dan sebagainya.

Inilah manfaat minyak kelapa untuk rambut. Pertama, meningkatkan pertumbuhan rambut. Minyak kelapa kaya akan asam lemak dan vitamin yang membuat rambut tumbuh lebih cepat.

Menerapkan minyak kelapa ke rambut secara teratur menjaga kulit kepala tetap lembap dan ternutrisi untuk mencegah kerusakan. Selain itu, ini juga melindungi rambut dari lingkungan yang penuh polusi, sehingga membuatnya lebih kuat dan lebih sehat.

Kedua, merawat ujung bercabang. Seiring waktu, rambut akan menjadi kering dan ujungnya mulai patah dan bercabang. Itu sebabnya, disarankan melakukan trim teratur di salon.

Tapi dengan minyak kelapa, tak perlu sering potong rambut untuk merawat ujung rambut bercabang karena minyak kelapa dapat menyerap ke dalam helaian rambut dengan sempurna untuk mencegah rambut patah dan bercabang.

Menurut sebuah penelitian, minyak kelapa juga membantu mempertahankan protein di rambut, sehingga meningkatkan pertumbuhan dan mencegah rambut bercabang. Minyak kelapa bisa digunakan sebagai kondisioner atau masker rambut untuk mengurangi rambut bercabang.

Ketiga, membantu mencegah/mengobati infeksi jamur.
Kulit kepala yang sehat berarti rambut yang sehat. Jadi, penting untuk mencegah infeksi jamur di kulit kepala.

Menurut penelitian, minyak kelapa adalah obat rumah yang efektif untuk menghilangkan ketombe dan infeksi jamur kulit kepala lainnya.

Keempat, kutikula rambut lebih kuat. Minyak kelapa memiliki sifat penyembuhan yang melembutkan, melembapkan, dan memperkuat rambut. Minyak ini juga membuat kutikula rambut lebih kuat dan menjaga rambut terlindung dari kerusakan lingkungan.

Kelima, melindungi rambut dari kerusakan akibat panas.
Jika ingin tetap menata rambut tanpa merusaknya, penting untuk menggunakan minyak kelapa.

Cukup pijat sedikit minyak kelapa pada rambut sebelum menatanya dengan hair dryer atau pelurus rambut untuk melindungi rambut dari panas.

Keenam, melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Sinar UV menjadi ancaman besar bagi kesehatan kulit dan rambut. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan minyak kelapa sebagai pelindung sinar UV. Dengan konsentrasi SPF alami, minyak kelapa menjadi pelindung UV alami yang bagus untuk rambut.

Ketujuh, mengatasi rambut kusut. Orang dengan rambut kering dan keriting selalu takut keluar tanpa kondisioner.

Mengapa demikian? Pasalnya, rambut keriting mudah kusut dan merusak penampilan. Minyak kelapa memiliki sifat menghaluskan, membantu mendapatkan rambut yang lebih lembut dan berkilau.

Kedelapan, membantu melawan ketombe. Banyak alasan mengapa ketombe terjadi, tetapi terutama itu terjadi karena pertumbuhan berlebih dari jamur di kulit kepala.

Sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang kuat dari minyak kelapa membantu melawan ketombe, kulit kepala gatal dan kering secara efektif dan juga menjaga kelembapan rambut.

Kesembilan, merawat rambut rontok. Untuk orang dengan rambut yang menipis, minyak kelapa adalah anugerah karena dapat menembus lebih dalam ke rambut untuk menjaga kulit kepala tetap ternutrisi dan mencegah kerusakan rambut.

Selain itu, minyak kelapa untuk rambut rontok bekerja secara ajaib karena menghilangkan kotoran dari kulit kepala, sehingga mengobati penipisan rambut dan membuat rambut tumbuh.

Kesepuluh, menjaga kulit kepala tetap terhidrasi. Sangat penting untuk menjaga kulit kepala tetap terhidrasi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Memijat minyak kelapa ke rambut memberikan nutrisi yang tepat dan menjaga kulit kepala tetap terhidrasi, yang pada gilirannya mencegah kerusakan rambut.

Kesebelas, menambah kilau pada rambut. Minyak kelapa murni memiliki sifat pelembap dan membantu mempertahankan hilangnya protein di kulit kepala, yang pada gilirannya, menambah kilau pada rambut. 

Kedua belas, mengatasi kutu rambut. Kutu bisa memalukan dan menjengkelkan bagi siapa saja, minyak kelapa mengandung asam laurat yang bisa bermanfaat membunuh kutu.

Campurkan minyak kelapa dengan daun neem dan bubuk daun kemangi lalu oleskan ini sebagai masker rambut untuk menghilangkan kutu. (*)

Sumber: Khasiat Minyak Kelapa untuk Mengatasi Masalah Rambut, dari Kerontokan hingga Ketombe

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top